Selamat Datang & Bergabung di Mister Hali Blog

Rabu, 27 Oktober 2010

Bahaya Rokok

Pengertian Rokok





  1. Latar belakang

Merokok dapat merusak kesehatan, kenyataan ini tidak dapat kita pungkiri. Banyak penyakit ditimbulkan akibat merokok, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kebiasaan merokok bukan saja merugikan si perokok, tetapi juga bagi orang di sekitarnya. Tidak hanya bagi kesehatan, merokok menimbulkan pula problem di bidang ekonomi. Di negara industri maju, kini terdapat kecenderungan berhenti merokok, sedangkan di Negara berkembang, khususnya Indonesia, malah cenderung timbul peningkatan kebiasaan merokok. (Hans Tendra, 2003).
Asap rokok yang dihirup seorang perokok mengandung komponen gas dan partikel. Partikel yang dibebaskan selama merokok sebanyak 5 x 109 pp. Komponen gas terdiri dari karbon monoksida yang merupakan racun yang mengusir oksigen dari ikatanya dengan haemoglobin dalam butir darah merah. Ikatan CO dengan Hb (COHb) akan membuat Hb tidak bisa melepaskan ikatan CO yang mengakibatkan fungsi haemoglobin sebagai pengangkut oksigen berkurang. Dan masih banyak komponen lain seperti karbon dioksida, hidrogen sianida, amoniak, oksida dari nitrogen dan senyawa hidrokarbon. Adapun komponen partikel terdiri dari tar, nikotin, benzopiren, fenol, dan kadmium. Merokok juga dapat menyebabkan perubahan struktur dan fungsi saluran napas dan jaringan paru-paru. Pada saluran napas besar, sel mukosa membesar (hipertrofi) dan kelenjar mucus bertambah banyak (hiperplasia). Pada saluran napas kecil, terjadi radang ringan hingga penyempitan akibat bertambahnya sel dan penumpukan lendir. Pada jaringan paru-paru, terjadi peningkatan jumlah sel radang dan kerusakan alveoli. (Hans tendra, 2003).
Sudah banyak diketahui bahwa merokok dapat merusak kesehatan, seperti system pernafasan, paru-paru, jantung, dll yang mengandung karbon monoksida yaitu salah satu senyawa karbon yang memiliki afinitas (daya ikat) terhadap Hb 200-300 kali lebih kuat dari pada afinitas terhadap oksigen. Ikatan CO dengan Hb inilah yang mengganggu darah dalam mengalirkan oksigen keseluruh tubuh. Maka tidak jarang orang akan meninggal dunia akibat keracunan gas CO terlalu banyak. (Djoko pekik irianto, 2007).
Rokok memang mempunyai pengaruh yang sangat buruk terhadap kesehatan, namun dari orang yang merokok itu sendiri belum ada kesadaran untuk menghentikan kebiasaan merokok. Untuk mengetahui kesehatan orang yang merokok dapat dilakukan pemeriksaan kadar haemoglobin. Kadar haemoglobin berhubungan dengan jumlah oksigen yang diangkut dan diedarkan oleh darah. Apabila jumlah oksigen yang diangkut dan diedarkan oleh darah tersebut lebih banyak dari pada gas karbonmonoksida, maka kadar haemoglobin normal. Namun, apabila gas karbonmonoksida yang dihasilkan akibat merokok lebih banyak, maka haemoglobin akan berikatan dengan gas karbonmonoksida sehingga haemoglobin tidak normal. (Hans Tendra, 2003).
Bahan-Bahan  Rokok
Merokok tak hanya merusak kesehatan dengan menyebabkan penyakit paru-paru, jantung dan impotensi tapi juga membuat si perokok terlihat banyak kerutan kulit. Tak ada satupun manfaat yang dapat diperoleh dari rokok. Bahkan menurut Yussuf Salojee, direktur eksekutif National Council Against Smoking, 12 persen kematian dini di seluruh dunia dapat dikaitkan dengan merokok. Salah satu dampak yang nyata dari merokok adalah membuat si penghisapnya terlihat lebih tua.
Berikut beberapa bahan kimia tambahan di dalam rokok yang bisa memicu kerutan dan membuat orang tampak lebih tua:

Amonia

Amonia biasanya digunakan untuk membersihkan jendela dan toilet. Dengan menambahkan amonia ke dalam rokok, maka nikotin dalam bentuk uap akan diserap melalui paru-paru lebih cepat. Ini pada akhirnya membuat otak mendapatkan dosis nikotin lebih tinggi.
Benzena
Benzena secara alami diproduksi oleh gunung api. Tapi benzena juga merupakan bahan kimia industri besar yang terbuat dari batubara dan minyak. Benzena digunakan untuk membuat bahan kimia lainnya, serta beberapa jenis plastik, deterjen dan pestisida. Ini juga merupakan komponen bensin dan berhubungan dengan leukemia.
Kadmium
Dalam industri, kadmium digunakan untuk baterai, lapisan logan dan plastik. Kadmium dapat membahayakan paru-paru, menyebabkan penyakit ginjal dan mengiritasi pencernaan.
Formaldehida
Digunakan sebagai perekat dalam produk kayu dan sebagai pengawet dalam beberapa cat. Bahan kimia ini dapat menyebabkan mata berair, reaksi rasa panas di mata, hidung dan tenggorokan, mual, batuk, sesak dada, sesak napas, ruam kulit dan alergi.
Aseton
Aseton merupakan produk buangan dari asap kendaraan, asap rokok dan zat yang banyak dihasilkan di lokasi pembuangan sampah. Orang yang bernapas di lingkungan yang tingga kandungan aseton, dalam jangka waktu singkat dapat menyebabkan iritasi hidung, tenggorokan, paru-paru, mata, sakit kepala, kebingungan, denyut nadi meningkat, mual, muntah, pingsan dan mungkin koma.
Nikel

Nama lain nikel adalah perak atau logam putih keras. Bahan kimia ini dapat menyebabkan peningkatan kerentanan terhadap infeksi paru-paru, bronkitis kronis dan berkurangnya fungsi paru-paru.

 

Bahaya Merokok


Merokok seharusnya dimasukan kedalam kategori “perbuatan membahayakan” bagi kemanusiaan, pelakunya harus ditindak tegas sesuai hukum, lho kok bisa? Maaf ini sekedar opini saya (ekstrim yaa..), tapi mari kita analisa buruknya rokok bagi kehidupan manusia.
Rokok mengandung berbagai racun yang merusak kesehatan tubuh manusia, tidak hanya merusak si perokok tapi lingkungan di sekitar perokok. Racun yang terdapat di dalam rokok diantaranya nikotine, tar, vinyl chloride, karbon dioksida dan sebagainya, yang mengakibatkan berbagai macam penyakit, baik yang ringan sampai yang mematikan.
Asap rokok lebih berbahaya bila terhisap oleh orang yang tidak merokok yang berada di sekitar orang yang merokok, dibanding si perokok itu sendiri, karena asap rokok yang terhisap selain dari hembusan nafas yang mengandung asap dari si perokok juga berasal dari asap yang keluar dari ujung rokok yang terbakar tanpa melalui filter.
Oleh karena itu, orang yang tidak merokok atau perokok pasif yang telah menjadi korban dapat mengajukan tuntutan atas tindakan si perokok aktif yang membahayakan.
Akibat yang ditimbulkan asap rokok yang mengandung banyak racun bila dihisap atau terhisap manusia :
Satu, rokok yang dihisap atau terhisap oleh ibu hamil dapat menyebabkan janin atau bayi menjadi terhambat pertumbuhannya, kesulitan bernafas saat lahir, sakit pada hari-hari pertama setelah lahir, lahir prematur, berat badan rendah dan sebagainya.
Dua, dapat menyebabkan kanker paru-paru
Tiga, dapat menyebabkan jantung koroner
Empat, pada orang tua lebih mudah terserang penyakit alzhiemer.
Lima, pada orang tua yang telah lama merokok dapat mengakibatkan  mula-mula stroke ringan kemudian mengalami cedera otak dan akhirnya mengalami gangguan jiwa.
Enam, bagi perokok aktif dapat merusak DNA sehingga dapat memperburuk keturunan.
Tujuh, pada anak-anak bisa menyebabkan kematian,
Delapan, dapat menyebabkan impotensi
Sembilan, secara nasional produktivitas menjadi turun karena banyak yang sakit, serta biaya kesehatan menjadi tinggi
Sepuluh, dan masih banyak lagi.
Jadi bagi anda perokok aktif segeralah berhenti merokok, karena selain merusak diri sendiri andapun telah merugikan orang lain, anda bisa dituntut karena perbuatan anda membahayakan orang lain.
Perokok aktif termasuk orang pura-pura tidak tahu alias munfik, sudah tahu asap rokok banyak mengandung racun, eh … masih dihisap juga, ini termasuk perbuatan menganiaya diri sendiri, perbuatan menganiaya diri sendiri adalah perbuatan yang dibenci Tuhan, anda juga harus siap-siap menghadapi pengadilan Tuhan, kira-kira ada yang bela nggak yach …
Bagi karyawan industri rokok, kalau saran saya di atas mujarab bagi si perokok aktif sehingga tidak yang merokok lagi, jangan khawatir bakalan nganggur dikarenakan pabrik rokok gulung tikar, pasti ada solusinya …
Kenyataan Unik Tentang Rokok
1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.
2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.
3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.
4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.
5. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.
6. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.
Kesimpulan :

Jadi dapat disimpulkan bahwa merokok merupakan kegiatan bodoh yang dilakukan manusia yang mengorbankan uang, kesehatan, kehidupan sosial, pahala, persepsi positif, dan lain sebagainya. Maka bersyukurlah anda jika belum merokok, karena anda adalah orang yang smart / pandai.

Ketika seseorang menawarkan rokok maka tolak dengan baik. Merasa kasihanlah pada mereka yang merokok. Jangan dengarkan mereka yang menganggap anda lebih rendah dari mereka jika tidak ikutan ngerokok. karena dalam hati dan pikiran mereka yang waras mereka ingin berhenti merokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar