Selamat Datang & Bergabung di Mister Hali Blog

Jumat, 29 Oktober 2010

Handphone ....?

HANDPHONE DAN DAMPAKNYA

Handphone, siapa yang tidak kenal mobile elektronik ini?, saya yakin hampir setiap orang punya Handphone dari mulai anak kecil sampai orang dewasa pun memilikinya, itulah Handphone, kita tahu fungsi utama dari Handphone adalah sebagai alat komunikasih yang menghubungkan antara satu orang dengan orang lainya.
Sekarang Handphone bukanlah barang langka lagi di kalangan kita, kenapa? Dulu Handphone adalah barang langka dan istimewah hanya sebagian orang yang memilikinya, tapi seiring dengan kemajuan teknologi,  Handphone bukan lagi barang langka dan mahal,  kini kita bisa memiliki alat ini dengan harga mulai dari Rp. 150.000,- sampai Rp.600.000,- sejak masuknya Handphone brand-brand cina  yang menjanjikan fitur lengkap tapi murah, milai dari fasilitas pemutar audio player, kamera,video, MP3/MP4 sampai aplikasi browser pun di lengkapi.
Tapi tanpa kita sadari ternyata Handphone juga menpunyai dampak negatif yang amat berbahaya, bukan hanya anak kecil tapi buat orang dewasa sekalipun.   
Hampir setiap orang menghabiskan waktunya hanya untuk bermain Handphone.
Coba kita lihat dan perhatikan anak-anak remaja atau orang dewasa sekarang banyak yang menghabiskan waktu dengan kegiatan yang tidak berguna, ada yang begadang dari jam 00.00 sampai pagi gara-gara sibuk online lewat Handphone yang dimilikinya. Di sisi lain, di salah satu tempat belajar, dan ada  juga menemukan peraturan yang tertempel jelas di dinding bahwa selama pelajaran berlangsung Handphone harus di non aktifkan. Lantas apa yang dilakukan oleh mereka yang telah termakan oleh kenikmatan Handphone mereka? Mereka malah asyik memainkan Handphone dengan cara sembunyi-sembunyi, baik itu dimainkan di dalam tas, pura-pura ke kamar mandi buat dapat kesempatan untuk mainin Handphone. Mungkin bagi mereka peraturan yang terpajang rapi di dinding hanyalah sebuah hiasan dinding yang menghiasi pandangan mereka. Mereka tidak berpikir, apa akibat dari kebiasaan yang mereka lakukan ini? Dari sekian contoh yang tertera di atas hanyalah sebagian kecil dari para korban kecanggihan Handphone. Dan solusi atas permasalahan di atas hanya satu yakni kesadaran.
Selain dampak akan pengaruh belajar, Handphone ternyata memiliki dampak medis. Seperti apabila kita memiliki kebiasaan terlalu sering menggunakan Handphone, akan membuat saraf kita lemah serta seseorang yang sering menaruh Handphonenya di daerah pinggang akan dapat berakibat mengurangi kesuburan. Jadi lebih amannya taruh saja dalam tas atau saku celana anda. Ada lagi kebiasaan yang tidak baik, yakni kebiasaan menaruh Handphone di samping kepala saat tidur. Akibatnya sama dengan yang tadi yakni dapat melemahkan saraf. Mungkin dampaknya tidak bisa kita rasakan sekarang, tapi akan kita rasakan 10-30 tahun yang akan datang.
Semoga dengan sedikit penjelasan mengenai Handphone dan dampaknya ini, dapat menyadarkan kita semua, bahwa masih ada kegiatan yang lebih berguna dibandingkan harus menghabiskan waktu di depan Handphone . Memang Handphone memiliki dampak negatif. Tapi dengan tangan dan kesadaran yang anda miliki, dapat merontokkan dampak negatif itu dan mengubahnya menjadi dampak yang lebih positif dan lebih berguna buat kita. Dan sebenarnya Handphone itu tidak memiliki dampak apapun, hanya kita sendirilah yang membuat Handphone tersebut memiliki dampak positif maupun negatif.

BY : NOER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar