Selamat Datang & Bergabung di Mister Hali Blog

Selasa, 11 Januari 2011

SKBM


STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL ( SKBM )

ATAU  KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )

PENGERTIAN

•   SKBM adalah ; Tingkat pencapaian kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa per mata pelajaran.

•   Siswa yang belum mencapai SKBM dikatakan belum tuntas.

MANFAAT SKBM

•        Sekolah / guru / siswa memiliki patokan yang jelas dalam menentukan ketuntasan.

•        Adanya keseragaman batas ketuntasan setiap mata pelajaran pada kelas pararel.

RAMBU – RAMBU

•         SKBM ditetapkan pada awal tahun.

•         SKBM ditetapkan oleh guru.

•         Nilai SKBM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0-100.

•         Nilai ketuntasan belajar maksimaal 100.

•         Sekolah dapat menetapkan SKBM dibawah nilai ketuntasan maksimal.

•         Nilai SKBM harus dicantumkan dalam LHBS/ rapor .

•         SKBM diinformasikan kepada warga sekolah dan orang tua siswa.

MEKANISME

•         Penetapan nilai SKBM dilakukan melalui analisis ketuntasan belajar minimal pada setia indikator.

•         SKBM kompetensi dasar didapat dengan merata-rata SKBM semua indikator pada KD yang terkait.

•         SKBM SK merupakan rata-rata SKBM KD yang terdapat pada setiap SK

•         Nilai SKBM mata pelajaran merupakan rata-rata ketuntasan belajar setiap SK pada tingkat kelas yang bersangkutan.

•         Penetapan SKBM dilakukan dengan menggunakan format A.

KRITERIA PENETAPAN SKBM

•        Tingkat essenssial / kepentingan

•        Kompleksitas / kesulitan dan kerumitan.

•        Daya dukung

•        Intake siswa

•        Kemampuan guru

INDIKATOR ESSENSIAL

1.   Sangat essensial

•         Bermakna dan bermanfaat untuk mencapai indikator lain.

•         Bermakna dan bermanfaat untuk pembekalan kecakapan hidup.

•         Mampu mewakili indikator lain

2. Cukup essensialMendukung indikator kunci dalam pencapaian indikator berikutnya& pembeklan kecakapan hidup

KOMPLEKSITAS

•         Kompleksitas tinggi bila harus dicapai oleh siswa dengan tuntutan sbb:

•         Menuntut kreativitas dan inovasi yang tinggi oleh siswa.

•         Waktu cukup lama karena perlu pengulangan.

•         Perlu kecermatan dan penalaran yang tinggi oleh siswa.

•         Menuntut sarpras yang cukup demi tercapainya KD .

DAYA DUKUNG

•        Ketersediaan tenaga,

•        Sarpras pendidikan,

•        Biaya,

•        Menejemen sekolah,

•        Kepedulian stakeholders sekolah

INTAKE SISWA

SKBM didasarkan pada :

•        Hasil seleksi

•        Nilai raport kelas dibawahnya

•        Psikotes

KEMAMPUAN GURU

SKBM  DIDASARKAN PADA :
  • Penguasaan guru terhadap KD : sangat menguasai, cukup menguasai, kurang menguasai
  • Penguasaan metode dalam menyampaikan KD ( strategi )
  • Ketertarikan guru terhadap KD
ANALISIS SKBM PER KOMPONEN
DIGUNAKAN SEBAGAI RUJUKAN DALAM PENETUAN SKBM / KKM
ESENSIAL / URGENSI
INDIKATOR
JAWABAN
ALTERNATIF
Urgensi : Mutlak harus dikuasai siswaKontinuitas : Lanjutan dari kd lainRelevnsi : ada digunakan sbg pendalaman materi maple lainKeterpakaian : Mempunyai nilai terapan tinggi ( life Skiil )
PROSENTASE
( % )
JAWABAN
ALTERNATIF
YAYAYAYA71 – 100
YAYAYATIDAK61 – 70
YAYATIDAKTIDAK51 –60
YATIDAKTIDAKTIDAK41 – 50
DST
KOMPLEKSITAS
INDIKATOR
JAWABAN
ALTERNATIF
Menuntut kreativitas tinggi oleh siswaMembutuhkan waktu yang lamaPerlu penalaran dan penalaran tinggi oleh siswaMenuntut sarpras yang memadai
PROSENTASE
( % )
JAWABAN
ALTERNATIF
YAYAYAYA41 – 50
YAYAYATIDAK51 –60
YAYATIDAKTIDAK61 –70
YATIDAKTIDAKTIDAK71 – 100
DST
DAYA DUKUNG
INDIKATOR
JAWABAN
ALTERNATIF
Tersedia tenaga guru yang kelas/mapelDidukung sarpras yang cukupdidukung dana yang memadaiDidukung menejemen SD yang baikAda dukungan komite sekolah/wali siswa
PROSENTASE
( % )
JAWABAN
ALTERNATIF
YAYAYAYAYA81-100
YAYAYAYATIDAK71-80
YAYAYATIDAKTIDAK61-70
YAYATIDAKTIDAKTIDAK51-60
YATIDAKTIDAKTIDAKTIDAK41-50
INTAKE SISWA
INDIKATOR
JAWABAN
ALTERNATIF
Nilai rata – rata yang berhubungan dg Kd baik/Nilai rapotKD memiliki daya tarik dengan minat siswaKD mudah untuk dipahami oleh siswaKD sukar untuk dipahami oleh siswa
PROSENTASE
( % )
JAWABAN
ALTERNATIF
YAYAYAYA75 – 100
YAYAYATIDAK61 – 70
YAYATIDAKTIDAK51 – 60
YATIDAKTIDAKTIDAK41 –50
DST
KEMAMPUAN GURU
INDIKATOR
JAWABAN
ALTERNATIF
Guru sangat menguasai KD Ybs
( 100 % )
Guru cukup menguasai dg KD Ybs
( 80 % )
Guru kurang  menguasai dg KD Ybs
( 60 % )
Guru punya strategi yang baik Terhadap KD YbsGuru tertarik dg KD Ybs
PROSENTASE
( % )
JAWABAN
ALTERNATIF
YAYAYA71-100
YAYAYA61-70
YAYAYA51-60
YaYATIDAK41-50
TIDAKTIDAKTIDAK31-40
ANALISA AKHIR PENENTUAN SKBM
MATA PELAJARAN PKn KELAS 1   SEMESTER 1
NO
KD
INDIKATOR SKBM
ESEENSIALKOMPLEKSITASDAYA DUKUNGINTAKE SISWAKEMAMPUAN GURURata/rata
1.1705565657066
1.2755060607564
1.3605580657568
2.1706065707067
2.2705570657567
65,4
Kesimpulan :
Nilai SKBM/KKM untuk Mapel PKn  KELAS 1 SEMESTER 1 : 65,4
DAN SETERUSNYA, ( BUAT PERMAPEL DAN PERSEMESTER )
HASIL REKAP SKBM PERMAPEL DISERAHKAN KE TIM PENYUSUN KTSP UNTUK DIMASUKAN KE SKBM SATUAN PENDIDIKAN.

NO
KD
INDIKATOR SKBM
ESEENSIALKOMPLEKSITASDAYA DUKUNGINTAKE SISWAKEMAMPUAN GURURata/rata
1.171
1.2
1.3
1.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar